4 Makanan yang harus dihindari saat sahur

Anda mau sahur? Seperti kita ketahui, bahwa sahur merupakan saat Anda memasukkan nutrisi ke dalam tubuh yang bermanfaat agar Anda selalu berenergi sepanjang hari. Jangan sampai Anda salah memilih makanan karena tubuh Anda bisa jadi malah lemas saat puasa. Berikut ini adalah makanan-makanan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi!

Adapun kami sebutkan empat jenis makanan yang kurang bersahabat bagi yang sedang sahur sebagaimana dilansir dari care2.com :

Makanan berlemak atau yang digoreng
Makanan berlemak tinggi atau makanan yang digoreng membutuhkan waktu lama untuk dicerna yang kemudian menyebabkan ketidaknyamanan perut Anda selama puasa.

Loading...

Seledri
Percaya atau tidak, seledri bersama dengan makanan yang tinggi air lainnya seperti mentimun dan semangka merupakan diuretik alami yang menyebabkan kandung kemih Anda penuh. Anda pun akan selalu buang air yang bisa menyebabkan Anda dehidrasi saat puasa.

Makanan kemasan
Makanan kemasan yang tinggi akan garam dapat mengikat suplai cairan di dalam tubuh. Anda pun bisa merasa lebih cepat haus saat puasa yang tentu saja membuat Anda tidak nyaman.

YANG PUASA WAJIB BACA :

Daftar negara dengan waktu puasa terpendek sedunia
Pertama dalam sejarah di Amerika, kota ini terapkan syariat Islam
Cara cegah kantuk saat berkendara di bulan puasa
4 Makanan yang harus dihindari saat sahur
14 Menu sahur yang bikin awet kenyang
20 Resep menu buka puasa Ramadhan paling top markotop

Daging
Daging membutuhkan waktu cerna yang lebih lama. Jika Anda terlalu banyak makan daging saat sahur, maka tentu saja waktu cernanya akan lebih lama dan membuat perut Anda merasa tidak nyaman selama puasa.

Selain makanan di atas, minum soda saat sahur juga tidak disarankan karena kandungan kimia di dalamnya dapat membuat Anda merasa cepat haus saat puasa.

Sebaliknya, inilah jenis-jenis makanan yang sebagiknya Anda konsumsi saat sahur  seperti dilansir oleh Wondergressive :

1. Makanan dengan karbohidrat kompleks
Dr Farouk Haffejee dari Islamic Medical Association of South Afrika merekomendasikan makanan yang tahan lama dan tak mudah membuat Anda lapar, yaitu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Hal yang sama juga direkomendasikan oleh Jennifer Andrews dari Livestrong.com.

Karbohidrat adalah ‘bensin’ utama yang digunakan tubuh dan otak untuk melakukan aktivitas fisik maupun mental. Kekurangan karbohidrat akan membuat Anda mudah lelah, lemah, serta kesulitan berpikir. Tak hanya itu, kurang karbohidrat mempengaruhi mood dan membuat Anda mudah marah.

Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah gandum utuh, buah-buahan, sayur, biji-bijian, produk kedelai, susu, dan acar.

2. Makanan dengan cairan
Hal kedua yang terpenting adalah menjaga cairan dalam tubuh agar tetap stabil. Dengan kata lain Anda harus mengonsumsi banyak air atau makanan yang mengandung cairan. Selama berpuasa sehari tanpa minum air bukan hal yang main-main. Anda harus merencanakan dengan baik kebutuhan cairan tubuh Anda.

Pastikan Anda mengonsumsi air yang cukup, makan makanan yang mengandung air seperti sup dan lainnya, serta mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air. Ini akan sangat membantu tubuh Anda selama berpuasa. Selain itu, jangan mengonsumsi minuman yang bersifat diuretik dan mudah menghilangkan cairan tubuh seperti kopi dan soda.

3. Kurma
Bagi umat Islam, berbuka dengan kurma adalah sunnah. Faktanya, secara ilmiah, kurma memang memiliki banyak manfaat. OrganicFacts.net mengungkap bahwa kurma mengandung serat yang tinggi dan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan serta gerakan lambung dan usus. Kurma juga bisa mencegah konstipasi dan melancarkan buang air besar.

Itulah tiga macam makanan yang sebaiknya Anda konsumsi saat sahur. Seperti disimpulkan oleh Dr Haffejee, pastikan makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka tak jauh berbeda dengan makanan sehari-hari dan tidak berlebihan.

 

 

Loading...
loading...