Arti nama dan perkiraan sifat cucu pertama Jokowi

Presiden Joko Widodo alias Jokowi kini sudah boleh dipanggil Mbah Jokowi atau Eyang Jokowi. Pasalnya mantan walikota Solo ini sudah memiliki cucu. Cucu pertama mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut lahir dari rahim wanita cantik Selvi Ananda yang merupakan menantunya alias istri putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka.

Siapa nama cucu pertama Jokowi?
Ya, Gibran Rakabuming Raka akhirnya memberi nama buah hatinya dengan Jan Ethes Srinarendra. Hal tersebut dikatakan Gibran di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Solo, Kamis (10/03/2016) malam.

Didepan wartawan, Gibran kembali menyebutkan nama putra yang dilahirkan dari rahim istrinya, Selvi Ananda itu dengan mimik serius, Jan Ethes Srinarendra.”Susah ya namanya,” kata dia berseloroh.

Gibran seperti diberitakan Liputan6, menjelaskan, nama Jan artinya sangat sekali, Ethes bermakna cekatan, sedangkan Srinarendra memiliki arti pemimpin yang cerdas.

“Yang kasih nama bapaknya dong. Meski pun bapak (Jokowi) juga memberikan masukan. Akhirnya dipilih yang terbaik ya itu,” papar Gibran.

Sifat berdasarkan weton
Menurut Paranormal asal Surabaya Ki Sabdo Jagad Royo, bayi yang dilahirkan cucu Jokowi memiliki watak yang kaku. “Kalau dilihat dari hari lahirnya hari ini dengan jam dibawah pukul 12.00 Wib, cucu Pak Jokowi memiliki sifat yang kaku, suka ngambek (nggodokkan),” kata Ki Sabdo.

Ki Sabdo seperti yang diberitakan okezone.com kemarin menjelaskan dalam perhitungan weton, hari Kamis Wage memiliki jumlah 12. Kamis berdasarkan jumlah 8 dan Wage memiliki jumlah 4. Sehingga jika di jumlah sebanyak 12. Dengan demikian sikap anak yang kaku dan keras kepala ini akan melekat pada putra pertama Gibran-Selvi.

Ki Sabdo juga mengatakan, sifat tersebut akan nampak ketika anak tersebut berusia 6 tahun. “Kalau saat kecil sifat itu tidak nampak. Nanti nampaknya ketika anak ini memasuki usia-usia sekolah. Biasanya saat SD sudah nampak,” kata Paranormal yang tinggal di Jalan Kedung Kliter, Surabaya ini.

Meskipun demikian, Ki Sabdo tetap mendoakan, semoga anak tersebut menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa. Ketika ditanya bagaimana terawangan nasib cucu Jokowi ini. Paranormal yang menyukai warna hitam ini mengaku belum bisa melakukan. Pasalnya, untuk itu harus mengetahui hari, tanggal serta weton orang tuanya.

“Kalau untuk itu harus tahu weton orang tuanya. Nanti bisa diketahui berdasarkan terawangan spiritualnya seperti apa,” pungkas pria yang pernah meramal sejumlah kejadian kecelakaan pesawat di Indonesia itu.

Pendapat Ki Sabdo ternyata agak berbeda dengan Konsultan Penanggalan Jawa Museum Radya Pustaka Solo, Toto Yasmiran. Menurut Toto, anak yang lahir hari ini (Kamis Wage menurut penanggalan Jawa), malah membawa perwatakan lahir Aras Kembang, Nunggak Semi. Artinya, bayi yang lahir akan gampang nggrahita atau cerdas. Selain itu bayi ini akan dikasihi banyak orang, serta mudah mendapatkan pertolongan orang lain.

“Selain itu, bayi ini rejekinya akan selalu ada, meskipun (seperti pohon) yang dipangkas habis, tetapi tetap bisa nunggak semi (bersemi kembali),” kata Toto seperti diberitakan portal top markotop TimloNet.

Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda. (Istimewa/BBM)

Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda. (Istimewa/BBM)

Bayi dengan wuku ini, lanjut Toto, juga memiliki keinginan keras untuk menjadi pemimpin. Bagus dan sopan tingkah lakunya, serta bakal memiliki kedudukan tinggi.

“Ana kalungguhane, ini artinya akan memiliki kedudukan. Becik ucapane yang berarti sopan santun dalam bertutur kata,” tambahnya.

Hanya, kelemahannya adalah ambisi untuk memimpin yang besar, membuat bayi yang lahir dengan wuku ini menjadi susah untuk dipimpin atau diatur.

“Tetapi biasanya memang bener jadi pemimpin, sebab dalam Serat Pawukon juga disebutkan tanpa ganda, nanging inupaya yang artinya selalu dicari dan dibutuhkan orang. Kira-kira seperti itu perwatakannya,” imbuh Toto.

Baca selengkapnya : Berita lengkap Selvi Ananda melahirkan, presiden Jokowi kini jadi Eyang Kakung

 

loading...