Ayam Penyet Mercon, lidah dan mulut serasa meledhak…

Ayam penyet mercon. (Google Images)

Bagi penggemar berat masakan pedas, boleh mencoba sajian Ayam Penyet Margo Pedes Gila di Jalan Raya Margonda No 16 Kemirimuka, Beji, Depok. Menu ini sungguh sangat amat pedas. Bayangkan saja sambal terbuat dari 45 cabai rawit Jawa atau cabai mercon.


“Sambal ini lah yang membedakan kami dengan resto lainnya. Bayangkan 45 cabai rawit Jawa untuk empat potong daging ayam. Pedasnya pasti enggak ketulungan,” kata Manajer Operasional Rumah Makan Ayam Penyet Margo Pedes Gila, Rumi Paulina, kepada Warta Kota beberapa waktu lalu.

Untuk menjaga rasa sambal tetap pedas sesuai standar, cabai rawit Jawa yang dipilih harus segar dan langsung dibeli dari petani di Kabupaten Bogor. Cabai rawit Jawa yang sudah layu akan mengurangi rasa pedas ketika dibuat untuk sambal. Selain itu jumlah cabai yang digunakan harus ganjil.

“Untuk dua potong daging ayam cabainya 23 buah. Jika empat potong seharusnya 46 buah cabai. Tapi jika genap diyakini pedasnya berkurang maka cabainya dikurangi satu menjadi 45 buah. Ini resep turun temurun pemilik rumah makan. Batang cabai kami tetap masukkan sebagai obat diare. Setelah makan pedas dijamin enggak diare,” tandasnya.

Loading...

Selain pedas gila, rasa daging ayamnya pun gurih dan empuk karena diolah dengan bumbu dan rempah-rempah rahasia. Sehingga meresap ke dalam daging dan tulang, berbaur menjadi satu dengan rasa sambal pedas.

Rumi menambahkan, ayam broiler untuk bahan utama ayam penyet diambil dari peternakan ayam di Parung, Bogor. Agar teksturnya empuk di mulut, daging lebih dulu dipresto. Saat bersamaan bumbu seperti bawang putih, merah dan kunyit dan bumbu rahasia dimasukkan ke dalam. “Setelah ada pesanan baru digoreng,” paparnya.

Diberitakan Tribun, rumah makan ini juga menyediakan bebek, ikan bandeng, lele, gurame penyet, selain ayam penyet. Ada juga Mi Godog dan Goreng Jawa yang rasanya menggelora.

“Kita harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Karena itu Kami sajikan masakan rumahan. Kami tidak takut terus berinovasi dan tetap unggul. Ke depan kami berencana membangun taman bermain dan ruang ibu menyusui untuk membuat pelanggan menjadi betah,” tuturnya.

Untuk menghilangkan panas cabai, pengunjung dapat menikmati minuman kesehatan berupa air perasan jeruk nipis, timun yang diserut, lalu ditambah madu dan gula serta selasih. Rasanya asam manis, segar dan enak diperut. Minuman itu berfungsi untuk meredakan panas dalam dan sariawan.

Selain minuman kesehatan, terdapat juga Es Kacang Merah yang menggoda. Rumi memastikan rasa es kacang merah yang disajikan kaya rasa karena dicampur kayumanis dan kelapa jeli.

“Kami juga menyediakan welcome drink berupa rebusan air daun salam. Minuman kesehatan ini disediakan 30 menit sebelum pesanan datang. Manfaat minuman itu untuk melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol, dan mencegah asam urat dan batuk. Karyawan di sini sehat-sehat karena minum itu,” ujarnya.

Loading...
loading...