Banjir di Sukoharjo karena hujan deras sekali dan cukup lama

banjir. (Merdeka)

Sejumlah sungai di Sukoharjo, Jawa Tengah meluap hingga kejalan-jalan dan menggenangi sejumlah rumah penduduk, Itu bisa terjadi karena hujan deras yang terjadi Selasa (16/12/2014) siang hingga malam. Bahkan juga sempat merendam sejumlah jalan di perumahan elit Solobaru.

Luapan air ini seperti dikutip beritanya Merdeka.com, merendam jalan utama dan pemukiman warga hingga setinggi hingga satu meter. Sejumlah permukiman yang hingga Rabu (17/12) sore masih terendam air, yakni Dusun Soko, Desa Madegondo, Kecamatan Grogol.

Selain permukiman, banjir juga merendam ruas jalan tembus Solo-Klaten, tepatnya di Desa Danyung, Kwarasan, Gedangan dan di wilayah Kecamatan Baki.

Satinah, salah seorang warga RT 04/III, Dusun Soko, Desa Madegondo, Kecamatan Grogol, Sukoharjo mengatakan, air mulai menggenangi rumah warga Selasa malam sekitar jam 24.00 WIB. Warga yang memang dari sore sudah bersiaga langsung mengamankan barang-barang berharga mereka ke tempat yang lebih tinggi.

Loading...

“Dari sore saat hujan deras kami sudah siap-siap. Air mulai masuk rumah sekitar jam dua belas malam, hingga setinggi dengkul. kita yang dari sore sudah Makanya kami pindahkan barang-barang berharga biar aman,” ujar Satinah.

Menurut dia, air menggenangi pemukiman warga di 3 RT, yakni RT 2, RT 4 dan RT 5/III Kampung Soko. Ketinggian air bervariatif dan yang tertinggi sekitar satu meter di RT 2 yang letaknya paling rendah di antara ke tiga RT yang terkena banjir.

Danang, warga Gedangan Solo Baru hingga sore ini masih was-was. Hal ini karena di Kota Solo dan sekitarnya sejak pagi sudah nampak mendung. Jika terjadi hujan, warga khawatir air banjir akan lebih besar.

“Ini saja airnya belum surut mas, dari pagi kita masih bersih-bersih air yang masuk ke toko saya. Kalau hujan lagi pasti banjir lagi,” keluh Danang.

Loading...
loading...