Batu akik termahal di dunia, harganya ratusan miliar

Batu akik termahal di dunia disebut-sebut saat ini berada di Rumah Lelang Sotheby’s di Jenewa, Swiss. Batu akik itu adalah batu akik jenis ruby yang berwarna ‘darah merpati’ terjual dengan harga Rp 397 miliar.

Menurut Daily Mail, harga batu akik itu tiga kali lebih mahal ketimbang harga batu akik sebelumnya. Batu dengan kadar 25,59 karat itu termasuk batu akik paling langka yang pernah ada. Seorang penawar lewat telepon akhirnya berhasil memenangkan lelang batu akik bernama ‘Sunrise Ruby’ itu.

Batu akik termahal itu aslinya berasal dari Myanmar dan merupakan bagian dari koleksi produsen perhiasan Cartier. Tadinya batu itu diharapkan terjual dengan harga di antara Rp 154 miliar hingga Rp 236 miliar.

Loading...
Batu akik rubi darah merpati. (DailyMail)

Batu akik ruby darah merpati. (DailyMail)

Kepala divisi perhiasan Sotheby’s David Bennet seperti dikutip Merdeka.com mengatakan, batu akik itu memecahkan rekor harga tiga penjualan sebelumnya.

“Batu ruby berwarna darah merpati ini termasuk yang paling langka dari semua batu akik. Selama 40 tahun ini baru kali ini saya melihat batu dengan warna semacam ini, dengan ukuran sebesar ini,” kata dia.

Manfaat

Batu Rubi dan perhiasan permata ruby sejak dulu kala banyak dikatakan memiliki efek positif dan sifat mistis. Batu ruby dikaitkan dengan matahari, dan dianggap berguna untuk menjaga kesehatan mental dan fisik.

Di abad pertengahan, rubi dipandang sebagai batu nubuat. Banyak juga yang berpikir ketika batu rubi berubah warnanya menjadi gelap maka artinya ada bahaya yang sudah dekat. Ivan the Terrible seorang Tsar pertama dari Rusia menyatakan bahwa batu rubi baik untuk jantung, otak dan daya ingat. Sebuah resep Abad Ketigabelas untuk menyembuhkan masalah hati menyarankan penggunaan bubuk ruby.

Pada abad ke-15-16, rubi dianggap menetralkan racun. Ketika digosok pada kulit, mereka juga berpikir untuk mengembalikan kemudaan dan vitalitas. Nah, ini dia 5 manfaat dari batu Ruby.

Selama ribuan tahun, Ruby dianggap sebagai batu cinta, energi, gairah, kekuatan, dan semangat hidup. Seperti tidak ada batu permata lain di dunia selain Ruby yang melambangkan kesempurnaan untuk perasaan yang kuat. Unsur penting lainnya dari Ruby selain api dan   darah, Ruby dikatakan dapat mengembalikan kekuatan vital kehidupan seseorang dan dapat meningkatkan energi serta kekuatan. Ruby juga dikenal sebagai batu keberanian, legenda mengatakan bahwa seseorang yang memiliki ruby dapat berjalan melalui hidup tanpa takut kejahatan atau kemalangan.

Secara fisik, rubi diperkirakan dapat memberikan keseimbangan dan energi, menstimulasi cakra jantung dan mendorong semangat untuk hidup, tetapi kebaikan tersebut tidak pernah dikatakan dengan cara merusak diri sendiri untuk mengatasi kelelahan dan menenangkan sifat hiperaktif. Ruby dapat men-detoksifikasi darah dalam tubuh, mengobati demam, penyakit, dan penyumbatan aliran darah. Dengan demikian, batu Ruby sangat baik untuk jantung dan sistem peredaran darah yang dapat merangsang adrenalin, ginjal, organ reproduksi serta limpa.

Secara emosional, batu rubi dipercaya dapat meningkatkan motivasi dan pengaturan tujuan. Ruby secara ilusi lebih mengundang mimpi yang positif, visualisasi, bantuan dalam mempertahankan kekayaan dengan semangat yang jelas. Ruby dapat merubah dan menghilangkan emosi negatif seperti kemarahan. Ruby juga menggambarkan secara emosional mengenai kepemimpinan yang dinamis untuk membawa keadaan yang lebih positif dan berani memiliki pikiran yang tajam, menguatkan kesadaran dan menambah daya konsentrasi. Ruby membuat Anda lebih kuat pada saat menghadapi penolakan atau perselisihan dan dapat menjadi perisai terhadap serangan fisik. Sebuah ruby juga dikatakan oleh seorang pemukim yang sedang sengketa bahawa dapat memiliki kekuatan rekonsiliasi. Batu ruby bersifat dinamis, dan membawa semangat serta antusiasme.

Pengaruh Batu Mulia Ruby pada Kesehatan menurut Asrology Weda. Dalam keadaan tertentu, Ruby dipakai untuk meningkatkan hemoglobin. Mereka yang lemah secara fisik disarankan memakai Ruby. Pengaruh positif Ruby dapat membantu mengurangi masalah lambung atau penyakit lambung dan TBC. Ruby juga dipakai untuk kesehatan dan kekuatan fisik.

Menurut Asrology Veda. Batu Permata Ruby juga dapat mengurangi pikiran negatif seseorang. Ada kesalahpahaman tentang Ruby bahwa jika seseorang sedang menghadapi masalah atau batu tidak cocok untuknya, warna batu akan berubah. Ruby meningkatkan status ekonomi seseorang dan pengaruh positif juga meningkatkan iman orang dalam spiritualitas.

wahh..pantas kalau mahal

 

Loading...
loading...