Bom Solo: Berita lengkap dan foto-fotonya

Selasa 5 Juli 2016 sekitar pukul 07.38 WIB suara ledakan mengejutkan warga di sekitar Manahan, Solo, Jawa Tengah. Suara ledakan itu ternyata dari kawasan Markas Polresta Surakarta atau Polresta Solo yang letaknya di kawasan Manahan. Begini berita lengkap Bom Solo yang dikutip dari berbagai media online terpercaya!

Seperti diberitakan media online di Indonesia bawah ledakan itu adalah aksi bunuh diri dengan menggunakan bom di halaman kantor polisi tersebut.

Menurut Kompas.com, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Irjen Condro Kirono membenarkan bahwa ledakan bom di depan SPKT Markas Polresta Solo tersebut adalah serangan bom bunuh diri.

Loading...

Condro menjelaskan, saat itu pagi sekitar pukul 07.30 WIB, ada seseorang yang mencurigakan masuk ke halaman Mapolresta Solo.

“Pelaku mencurigakan. Anggota Polresta yang siaga mencegatnya. Dia (pelaku) berusaha berbalik arah dan meledakkan diri,” kata Condro kepada Kompas TV, Selasa.

Akibat ledakan itu, pelaku tewas di lokasi kejadian. Sementara itu, satu anggota Provost bernama Bripka Bambang Adi Cahyono terluka dan harus dirawat di RS Panti Waluyo, Solo. (Lihat juga: Waw..Ini foto Jessica Mila pakai kutang dan 10 foto lainnya yang pamer paha mulus hanya di Infoheboh.com)

Lebih lanjut Condro mengatakan, ledakan tersebut terbilang kecil dan tidak memakan korban jiwa lainnya selain pelaku.

Dalam kesempatan itu, Condro mengimbau kepada warga Solo agar tenang. Sebab, tidak ada rangkaian kejadian setelah peristiwa di depan Mapolresta Solo. (Baca 20 Pose menantang Emilia Clarke ‘Game of Thrones’, wanita terseksi di dunia hanya di Infoheboh.com)

“Solo sekarang sudah tenang. Tidak ada rangkaian kejadian setelah kejadian satu ini saja. Kita harapkan masyarakat tenang. Anggota Polri didukung TNI dan pemda siaga dan memberikan pengamanan,” tandas Irjen Condro Kirono.

Tiga buah bom
Sementara Harian Joglosemar.co memberitakan, pelaku bom bunuh diri di Mapolresta Solo, diduga membawa tiga buah bom, seukuran genggaman tangan orang dewasa.

Informasi yang diperoleh dari sumber di Mabes Polri menyebutkan, bom rencananya akan digunakan untuk mengebom Mako Korps Brimob Kelapadua dan Kaum Syiah di Cisarua Bogor, tetapi batal, lalu dibawa ke Solo untuk alasan membela diri.

Bom diduga diracik dengan menggunakan bahan-bahan antara lain berupa peroksida, arang, asam nitrat, soda kue dan gotri. Namun bom tas, menurut informasinya belum sempat dirakit. (Baca 10 Foto Eny Sagita hanya di Infoheboh.com)

Identitas pelaku

Kepolisian Indonesia telah mengungkap jati diri terduga pelaku bom bunuh diri di Mapolresta Solo, Jateng, yang disebut pernah lolos dari operasi pengejaran kepolisian. (Baca juga: 40 Foto Reza Lawangsewu, bidadari OM PANTURA hanya di Infoheboh.com)

Terduga pelaku bom bunuh diri bernama Nur Rohman, 31 tahun. Menurut Badrodin, Nur Rohman lolos dari operasi penangkapan kepolisian sekitar enam bulan lalu.

“Dia ini termasuk yang pernah belajar bikin bom,” ungkap Badrodin dalam jumpa pers yang kemudian diberitakan BBC Indonesia.

Nurohman, menurut Kapolri, adalah anggota kelompok Arif Hidayatullah alias Abu Mush’ab yang disebut satu jaringan dengan sosok Bahrun Naim, yang kini diklaim berada di Suriah.

Temuan polisi menyimpulkan Bahrun Naim adalah otak pelaku penyerangan ledakan bom di depan Gedung Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Januari lalu.

Abu Mush’ab sendiri telah ditangkap di Surabaya bersama dua terduga teroris awal Juni lalu.

Terkait ISIS?

Ditanya apakah dengan demikian, serangan bom bunuh diri di Mapolresta Solo terkait dengan kelompok militan Negara Islam atau ISIS, Kapolri tidak membantahnya.

“Ini terkait dengan seruan pemimpin ISIS untuk melakukan amaliyah di bulan ramadan,” katanya.

Sejauh ini belum ada pihak atau kelompok yang mengaku bertanggungjawab terhadap aksi bom bunuh diri di Solo yang menewaskan pelaku dan melukasi seorang anggota polisi.

Dalam jumpa pers bersama Kapolri, Kepala Badan nasional penanggulangan teroris, BNPT, Tito Karnavian menegaskan bahwa Abu Mush’ab adalah anggota jaringan Bahrun Naim.

“Garis komandonya ke sana,” ujar Tito Karnavian.

Kabar ledakan bom bunuh diri ini membuat sejumlah masyarakat kaget, apalagi dengan foto-foto yang diduga pelaku bunuh diri dengan bomk itu yang beredar luas di sosial media. Berikut ini foto-fotonya:

bom di polresta solo

bom di solo 5 juni 2016 bom polresta solo selasa 5 juni 2016 foto pelaku bom bunuh diri di mapolresta solo 1

foto pelaku bom bunuh diri di mapolresta solo 2

foto pelaku bom bunuh diri di mapolresta solo 3

foto pelaku bom bunuh diri mapolresta solo 4

Loading...
loading...