Catat!! Ini ciri-ciri beras plastik

Petugas Pemerintah Kota Bekasi menemukan beras plastik di bilangan Pasar Mutiara Gading Timur, Mustika Jaya. Temuan tersebut berdasarkan laporan masyarakat yang mengkonsumsi beras berbahan sintesis tersebut. Bagaimana ciri-ciri beras plastik?

Untuk kita ketahui terlebih dahulu bahwa kasus beras plastik ini bermula saat Dewi Septiani (29), warga Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi melaporkan keganjilan yang dirasakannya saat memasak dan mencicipi beras tersebut. Beras itu dibelinya dari pedagang bernama Sembiring di Pasar Mutiara Gading.

Walikota Bekasi Rahmat Effendi memastikan sampel beras yang diambil dari Pasar Mutiara Gading Timur terbukti mengandung plastik. Hal tersebut sesuai dengan hasil uji laboratorium yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bekasi di laboratorium Sucofindo, di Cibitung, Jawa Barat.

‚ÄúPlastik polivinil yang digunakan untuk membuat beras itu bahan yang sama untuk membuat pipa paralon. Jadi kalau kita makan beras tersebut, sama saja kita menelan pipa paralon,” kata Rahmat di Bekasi, dikutip dari Kantor Berita Antara, Kamis (21/5).

Loading...

Menurut Rahmat, laboratorium Sucofindo telah melakukan uji kandungan beras tersebut selama dua hari yaitu mulai Selasa (19/5) sampai Rabu (20/5).

Rahmat menjelaskan, beras yang diuji di laboratorium ada sebanyak 250 gram dan berasal dari kios milik Sembiring yang sehari-hari berjualan beras di Pasar Mutiara Gading Timur. Sedangkan

Nah, ini dia ciri-ciri beras plastik yang disebut-sebut dari Tiongkok itu ?

“Sangat mudah, secara kasat mata kelihatan,” kata anggota Unit Industri dan Perdagangan Direktorat Krimininal Khusus Kepolisian Daerah Metro Jaya, Inspektur Satu Anang Prabowo.

Ciri-cirinya adalah:

1. Memiliki serat dan berujung bening.
2. Jika digigit susah dipotong maupun dikunyah.
3. Jika dibakar tidak meleleh.

Jika beras sintetis itu sudah menjadi nasi akan sulit membedakannya. “Kalau dimasak kayak nasi seperti biasa saja,” ucap Anang di Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur, Rabu, 20 Mei 2015. Polisi telah menguji beras ini dengan membakarnya. “Kami sudah tes, ternyata kalau dibakar tidak meleleh,” kata dia.

Ia mengimbau agar masyarakat berhati-hati dalam membeli beli. Jika salah mengonsumsi, seperti beras plastik, akibatnya tidak baik bagi kesehatan. “Plastik dimakan sangat tidak baik,” ujarnya. Ia pun meminta agar masyarakat segera melapor ke polisi jika menemukan beras plastik.

Kepala Seksi Komunikasi dan Informasi PT Food Station Tjipinang Jaya Sugito Wibowo mengatakan, pihaknya langsung mengecek ke lapangan begitu ditemukan beras plastik di Bekasi. “Belum kami temukan,” ucapnya. Jika ada temuan, ia berjanji bakal segera melaporkannya ke pihak kepolisian. “Biar pelakunya jera,” katanya.

 

Loading...
loading...