Dulu jualan ikan, Susi Pudjiastuti kini Menteri Kelautan & Perikanan

Susi Pudjiastuti. (Google Images)

Setelah ditunggu-tunggu dan tertunda beberapa hari, Presiden ke-7 Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengumumkan kabinet pemerintahannya di Istana Negara, Jakarta, Minggu, 26 Oktober 2014 sore. Satu di antara 34 menteri itu adalah Bos Susi Air, Susi Pudjiastuti menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.


Susi yang lebih dikenal sebagai Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti Aviation (Susi Air), ternyata telah lama berkecimpung di bisnis perikanan dan hasil laut.

Wanita kelahiran Pangandaran 15 Januari 1965 ini adalah pengusaha pengolah ikan dan hasil laut sukses dengan produk unggulan berupa lobster dengan merek Susi Brand.

Seperti dirangkun Metrotvnews.com, dia mengawali usahanya sebagai pengepul ikan di Pangandaran pada 1983. Usahanya terus berkembang dan 1996 ia mendirikan pengolahan ikan bernama PT ASI Pudjiastuti Marine Product.

Loading...

Ia terlahir dari keluarga pedagang. Ayahnya adalah saudagar ternak dari Jawa tengah dan kakeknya adalah tuan tanah. Walaupun hanya lulusan SMP, namun bisnisnya terus berkembang dan meluas ke pasar Asia dan Amerika.

Demi mempercepat pengiriman ikan dan hasil lautnya ia membeli pesawat pribadi, Cesna Caravan pada 2004. Inilah cikal bakal berdirinya Susi Air. Saat ini Susi Air telah berkembang menjadi maskapai yang patut diperhitungkan dan memiliki lebih dari 45 pesawat terbang beragam jenis, dengan pendapatan bersih pada 2012 sebesar Rp300 miliar. Bahkan kini Susi telah mendirikan sekolah pilot Susi Flying School melalui PT ASI Pudjiastuti Flying School.

Masuknya Susi dalam struktur kabinet Jokowi-JK memang sudah mulai terendus awak media. Pasalnya, Presiden Jokowi telah memanggil Susi ke Kompleks Istana Kepresidenan pada Kamis (23/10/2014) pagi.

“Susi Pudjiastuti seorang wirausahawati dan pekerja keras. Dia mulai dari nol dan berhasil menjaga perhubungan yang terintegrasi dengan kemaritiman. Dia memulai usahanya dari jualan ikan di tempat pelelangan ikan (TPI),” kata Presiden Jokowi, mengenalkan Susi saat pengumuman menteri Kabinet Kerja, di Istana Negara, Jakarta, Minggu (26/10/2014). Demikian diberitakan MetroTV.

Loading...
loading...