F-16 untuk pengamanan KAA terbakar

Pesawat F-16 milik TNI Angkatan Udara (AU) terbakar di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis 16 April 2015. Pesawat itu diketahui ternyata untuk mengamankan acara Konferensi Asia Afrika (KAA).

Insiden ini bermula saat pesawat tersebut sedang melakukan atraksi fly pass bersama beberapa pesawat lainnya.

Menurut Sindonews.com, pesawat dengan nomor lambung TS-1643 dipiloti Letnan Kolonel Penerbang Firman menemukan indikasi percikan api di bagian ekor pesawat hendak lepas landas, sehingga memutuskan berhenti di ujung landasan pacu.

Loading...

Selain TS-1643, fly pass itu dilakukan bersama pesawat lainnya seperti TS-160 yang diawaki oleh Alimi, TS-1608 oleh Andri dan TS-1610 oleh Gigih.

Soal kebakaran pesawat itu diungkapkan pula Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispen AU) Marsma TNI Hadi Cahyanto yang menyebutkan ada empat pesawat F-16 milik TNI AU yang disiapkan untuk pengamanan pelaksanaan KAA. Namun sial, satu unit diantaranya terbakar tadi pagi.

“Tugas utamanya adalah untuk pengamanan Konferensi Asia Afrika. Empat pesawat akan terbang dalam fly pass, satu gagal terbang,” kata Hadi Tjahjanto kepada Sindonews, Kamis (16/4/2015).

Loading...
loading...