Film Tabula Rasa, Ahok terinspirasi keberanian “Mak”

Ahok saat menunggu diputarnya film Tabula Rasa. (Liputan6.com)

Film terbaru “Tabula Rasa” ternyata memikat Wakil Gubernur DKI, Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Itu terungkap saat acara nonton bareng film “Tabula Rasa” bersama para jajaran pejabat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan unit kerja perangkat daerah (UKPD) DKI Jakarta.


Seusai menonton film berdurasi 120 menit itu, Ahok mengungkapkan kekagumannya pada karakter “Mak” yang diperankan oleh Ade Irawan.

Bukan adegan menyentuh hati nurani atau yang membuatnya tertawa. Melainkan adegan saat Mak bertengkar dengan calon pegawainya di rumah makan Padang asal Papua, Hans yang meminta upah setelah bekerja.

Pria yang akrab disapa Ahok itu memuji dialog dan keberanian ibu pemilik rumah makan Padang, yang dianggapnya sangat berani. Dialog itu berbunyi, “Preman pasar yang badannya dua kali lebih besar dari kamu saja, saya berani hadapi,” kata Mak kepada Hans.

Loading...

“Saya harus belajar gayanya si Mak itu. He-he-he,” kata Basuki terkekeh kepada Ade yang berada di sampingnya, di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (13/10/2014).

Ada pesan lain yang dapat dipetik dari film besutan Produser Sheila Timothy itu. Seperti pengenalan budaya tentang sifat ulet yang dimiliki orang Minang, kebaikan hati Mak yang warga Minang sukarela menolong Hans yang merupakan warga Papua. Film ini, lanjut dia, menonjolkan keindahan Bhinneka Tunggal Ika yang tertanam pada bangsa Indonesia.

Tokoh Mak diceritakan menolong Hans yang putus asa dan ingin bunuh diri karena belum dapat menggapai cita-citanya sebagai pemain bola profesional. “Ini penting pesannya bahwa orang harus selalu memiliki semangat hidup. Selalu ada kesempatan untuk memulai hidup baru,” kata Basuki.

Adapun film Tabula Rasa bercerita tentang Hans (diperankan Jimmy Kobogau), seorang pemuda Papua, yang memiliki cita-cita menjadi pesepak bola terkenal. Saat direkrut klub sepak bola di Jakarta, Hans memulai perantauannya. Namun, nasib berkata lain. Dia justru terpaksa kehilangan impiannya itu. Di tengah kesulitan hidup di Ibu Kota, Hans bertemu dengan Mak (Dewi Irawan), seorang pemilik rumah makan Padang.

Film kuliner pertama di Indonesia ini menawarkan cerita kuliner yang dibalut dengan nilai-nilai tolong-menolong. Film tersebut dibintangi oleh Dewi Irawan, Yayu Unru, Ozzom Ramdan, dan Jimmy Kobogau. Itulah yang diberitakan Kompas.com.

Loading...
loading...