Foto-foto tragedi Rohingnya, ratusan orang berhasil kabur

Foto-foto tragedi Rohingnya, ratusan orang berhasil kabur – Ratusan warga Rohingya dilaporkan berhasil kabur dari Myanmar untuk menghindari kekerasan militer yang terus terjadi selama sebulan belakangan ini. Ini kabar selengkapnya dan foto-foto yang sesungguhnya.

Sekadar kilas balik, bentrokan yang terjadi beberapa sebulan belakangan bermula ketika ada serangan di tiga daerah di Rakhine, pada 9 Oktober 2016 lalu. Insiden itu menewaskan sembilan polisi.

Hal ini memunculkan tudingan penyerangan dilakukan etnis Rohingya, sehingga militer Myanmar balik menyerang mereka. Akibatnya, hampir 130 orang dilaporkan tewas karena kejadian ini. (Baca juga Kisah lengkap tragedi Rohingya dan sosok biksu Wirathu hanya di Infoheboh.com)

Menurut laporan para aktivis dan saksi mata, tak hanya dibunuh, perempuan Rohingya juga diperkosa tentara. Militer Myanmar juga tega menjarah dan membakar rumah mereka.

Akan tetapi hal itu dibantah pihak militer Myanmar.

Ratusan warga Rohingya berhasil kabur

Sebagaimana dilansir AFP pada Rabu 23 November 2016, masih ada ratusan orang yang dihalangi penjaga perbatasan saat hendak masuk ke Bangladesh. Hal itu diungkapkan pemimpin komunitas Rohingya.

Komandan Penjaga Perbatasan Bangladesh, Imran Ullah Sarker, menyebutkan pihaknya menahan 300 warga Rohingya dalam semalam.

“Kami mencegah mereka dari garis depan, terutama bagi mereka yang berusaha melewati pagar kawat duri yang dibangun Myanmar,” serunya seperti yang juga diberitakan Merdeka.com.

Imran mengatakan, mayoritas orang Rohingya biasanya masuk dari pintu perbatasan yang tidak dijaga. Meski demikian, para penjaga perbatasan Bangladesh sudah siaga dan berjaga di sekitar Sungai Naf.

“Para warga Rohingya mengaku pada kami rumahnya dibakar, makanya mereka kabur ke sini (Bangladesh) untuk mencari tempat berlindung,” ujar seorang pejabat penjaga perbatasan.

PBB sendiri sebenarnya sudah meminta warga Bangladesh untuk mengizinkan orang Rohingya mencari perlindungan di sana. Meski demikian, penduduk setempat malah meminta pemerintah mengurangi jumlah imigran yang masuk.

Foto-foto pengungsi Rohinya terbaru

Sebelumnya kami memohon maaf terlebih dahulu karena kebenaran informasi dari foto-foto tragedi Rohingya di media sosial masih simpang siur kebenarannya. Ada yang menyebutkan foto-foto versi viral tersebut merupakan foto lama, bahkan dari peristiwa yang berbeda.

Nah, untuk itu kami akan menampilkan foto-foto tragedi Rohingya terbaru yang dikutip dari BBCIndonesia.

HRW mengeluarkan sejumlah foto satelit yang memperlihatkan sekitar 820 struktur dihancurkan antara 10 hingga 18 November. (AP Foto via BBCIndonesia)

HRW mengeluarkan sejumlah foto satelit yang memperlihatkan sekitar 820 struktur dihancurkan antara 10 hingga 18 November. (AP Foto via BBCIndonesia)

Anak-anak muslim Rohingya di Desa U Shey Kya, Myanmar, 27 Oktober 2016.(Reuters/Via BBCIndonesia)

Anak-anak muslim Rohingya di Desa U Shey Kya, Myanmar, 27 Oktober 2016.(Reuters/Via BBCIndonesia)

loading...