Inilah masakan berbau paling busuk se-Islandia, ampuuun dehhh baunya…

Hakarl. (Getty Images)

Bicara makanan tentu tak lepas dari selera akan aroma dan kenikmatannya. Namun, tidak semua makanan seperti itu lho. Malahan ada makanan yang memiliki aroma yang bisa bisa membuat Anda pingsan bukan kepayang. Makanan apakah itu?

Walaupun berbau busuk, biadeg atau kecing, makanan-makanan ini masih bertahan hingga sekarang karena merupakan bagian dari tradisi.

Salah satu makanan paling berbau busuk yang ada di dunia adalah hakarl. Makanan ini adalah hidangan khas dari Islandia. Menurut Wikipedia makanan ini merupakan hidangan wajib dalam Thorrablt, festival pertengahan musim dingin Islandia yang berawal dari abad 19.

Loading...

Makanan ini seperti dilansir Merdeka, terbuat dari daging ikan hiu Greenland. Ikan ini terkenal mengandung konsentrasi racun yang sangat tinggi dan memiliki bau sangat busuk. Bahkan petualang kuliner dari Travel Channel, Andrew Zimmern menggambarkan bau hakarl yang mengingatkannya pada beberapa hal paling mengerikan yang pernah dia cium dalam hidupnya.

Untuk membuat hakarl, daging ikan hiu dikubur dalam timbunan batu kerikil untuk menghilangkan semua cairan, difermentasi, kemudian dipotong-potong, dan digantung agar benar-benar kering.

Daging ikan hiu Greenland memang harus diolah dan diawetkan dahulu sebelum dikonsumsi, sebab ikan predator tersebut mengandung racun. Proses pengolahan ini berlangsung selama berbulan-bulan. Jika sudah jadi, hakarl akan berbau seperti ikan busuk dan amonia. Biasanya untuk memudahkan memakan hakarl disediakan pula minuman khusus.

Mau nyoba? Siapkan plastik dulu ya hehehehe…

Loading...
loading...