Kahiyang Ayu putri presiden ujian CPNS, nilainya cuma 300

Kahiyang Ayu. (Merdeka.com)

Skornya 300 dan berada di posisi 105. Itulah hasil dari tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kahiyang Ayu, putri presiden Jokowi (Joko Widodo) di gedung Badan Koordinasi Wilayah Solo Kamis kemarin 23 Oktober 2014.


Diberitakan Koran Tempo, Kahiyang mengikuti ujian penerimaan calon pegawai negeri sipil di gedung Badan Koordinasi Wilayah Solo kamis kemarin 23 Oktober 2014. Sarjana Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) ini mendaftar untuk formasi pemeriksa pertama di Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Surakarta.

Diberitakan Koran Tempo, ujian untuk formasi ini digelar dalam lima sesi pada Kamis, 23 Oktober 2014. Tiap sesi diikuti sekitar 200 peserta. Lama ujian 90 menit dengan model CAT (computer-assisted test). Materi ujian terdiri atas tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, dan tes karakteristik pribadi.

Kahiyang menjalani ujian pada pukul 12.00-13.30. Sekitar 15 menit seusai ujian, hasil sudah dapat dilihat peserta. Dari 196 peserta yang mengikuti ujian sesi ketiga itu, Kahiyang mendapat skor 300 dan berada di posisi 105. Dia mendapat skor 50 untuk tes wawasan kebangsaan, 95 untuk tes intelegensi umum, dan 155 untuk tes karakteristik pribadi.

Loading...

Menurut Sekretaris Pelaksana Tes CPNS di Surakarta, Lancer S. Naibaho, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 29 Tahun 2014 memuat passing grade untuk tiap tes. Passing grade untuk tes wawasan kebangsaan 70, tes intelegensi umum 75, dan tes karakteristik pribadi 126.

Dia mengatakan tidak ada lagi tes penerimaan CPNS seusai tes hari ini. “Untuk pengumuman akhir siapa yang diterima menjadi CPNS menjadi wewenang panitia pusat,” katanya.

Dia menegaskan, jika hasil peserta ujian CAT melebihi passing grade, peserta tersebut tidak bisa langsung dipastikan menjadi pegawai negeri. “Pokoknya yang menentukan siapa yang jadi PNS adalah panitia seleksi nasional. Kami hanya pelaksana di daerah,” ucapnya.

Sebelum mengikuti ujian, Kamis, 23 Oktober 2014, Kahiyang sempat kucing-kucingan dengan wartawan. Kahiyang yang semula datang ke lokasi ujian dengan menunggang Nissan Juke memutar balik mobilnya setelah dikejar wartawan. Tak lama kemudian, dia datang kembali dengan menggunakan  taksi yang langsung menuju tempat parkir di belakang gedung.

Loading...
loading...