Kisah lengkap meninggalnya Mirna Salihin usai minum kopi Vietnam dan foto-foto kenangannya

Seorang wanita muda yang juga pengantin baru Wayan Mirna Salihin meninggal dunia uai minum es kopi ala Vietnam diĀ  Oliver Cafe, West Mall Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta Pusat pada Rabu 6 Januari 2016 lalu. Berdasarkan hasil otopsi, ditemukan zar sianida yang diduga menewaskan wanita cantik berwajah oriental ini.


Tim Subdit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya melakukan prarekonstruksi atas kasus tewasnya Wayan Mirna Salihin (27) usai meneguk kopi di. Dari hasil autopsi, polisi menemukan zat diduga racun sianida di lambung Mirna.

Pegawai restoran sebelah Oliver Cafe, Sinta (25), mengatakan polisi sudah berada di lokasi kejadian sekitar pukul 08.00 pagi, Senin (11/1/2016).

“Polisinya sih sudah banyak dari jam 8,” kata Sinta kepada Liputan6.com di West Mall Grand Indonesia Shopping Town, Senin (11/1/2016).

Loading...

Prarekonstruksi ini dipimpin Kasubdit Jatanras AKBP Herry Heriawan dan Kanit I Jatanras Kompol Gunardi. Menurut Liputan6.com, 2 orang pelayan, masing-masing pria dan wanita, ikut dalam reka ulang adegan ini. Mereka memeragakan saat Mirna pertama kali datang ke kafe tersebut, yaitu tempat korban duduk di meja bagian pojok kiri kafe.

Selain itu, hadir juga 2 wanita yang menemani Mirna minum kopi sebelum akhirnya meninggal dunia. Masing-masing terlihat memperagakan sejumlah adegan di salah satu meja kafe tempat mereka kala itu minum kopi bareng Mirna.

Beberapa polisi berseragam Turn Back Crime terlihat memeriksa bagian dapur didampingi seorang pegawai kafe. Polisi pun hendak memeriksa CCTV yang terpasang di kafe yang menyorot ke arah meja Mirna. Namun, tampaknya sorotan CCTV terhalang oleh tanaman hias yang menggantung di atap kafe.

Kepolisian menduga zat sianida yang diduga larut dalam es kopi Vietnam yang diminum Wayan Mirna Salihin (27), adalah zat berbahaya. Karena itu kecil kemungkinan Cafe Olivier, tempat Mirna meminum ‘kopi maut’ menyimpannya. Apalagi zat tersebut tak ada hubungannya dengan bahan pangan.

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabid Dokkes) Polda Metro Jaya Kombes Pol Musyafak mengatakan, jika benar ada kandungan sianida di tubuh Mirna, besar kemungkinan ada orang sengaja menaruhnya untuk tujuan membahayakan nyawa Mirna.

“Itu kan zat bahaya, zat asam kuat. Jadi kan enggak mungkin ada (di restoran). Kalau memang hasil labnya memang betul (ada kandungan sianida dalam tubuh Mirna), ya pasti ditaruh. Kalau memang betul ada ya,” kata dia di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (11/1/2016).

Musyafak menerangkan sianida dapat berwujud cairan maupun padat. Namun jika memang ditemukan kandungan sianida dalam tubuh Mirna, maka zat berbahaya yang digunakan seseorang untuk menjahati Mirna berjenis cairan.

Dia pun menyangsikan bila ada spekulasi Mirna sudah mengalami sakit sebelum pergi ke kafe tersebut. Jika pengantin baru itu menyadari kondisi tubuhnya kurang fit, ia tidak akan ngopi bareng kedua temannya, Hani dan Jessica.

“(Sianida) cairan, padat ada. Tapi kalau mungkin ada zat tersebut, ya berupa cairan. Saya hanya menyampaikan bahwa terjadi kematian dan kemudian sifatnya mendadak. Yang saya kira kalau diawali sakit terlebih dahulu, barangkali tidak bisa nemuin temennya di kafe itu,” ujar Musyafak.

Terkait dugaan Mirna mengonsumsi obat pelangsing tubuh, kepolisian harus mendalami obat. Sebab, kecil kemungkinan seseorang meninggal akibat mengonsumsi obat diet.

“Kalau pun diminum dan riwayat sering minum, kok saat itu bisa menyebabkan kematian? Itu kemungkinan kecil,” kata dia.

Musyafak mengatakan, zat sianida memang sangat berbahaya bagi kesehatan, karena dapat membunuh dalam hitungan singkat.

Hal yang akan dialami orang yang keracunan sianida adalah disfungsinya seluruh sel tubuh. Karena sifat sianida larut dengan cepat dan menghalangi peredaran oksigen dalam darah.

“(Efek sianida) cukup cepat. Karena kalau terminum atau termakan itu segera langsung terjadi difusi (pelarutan) dengan cepat. Itu sifat sianida,” jelas dia.

Hasil autopsi jenazah Wayan Mirna Salihin mengungkap ada luka lambung. Luka itu diduga karena zat asam yang kuat dan bersifat korosif.

Dugaan zat tersebut adalah sianida makin kuat, sebab saat meninggal pengantin baru itu mengeluarkan busa di mulut dan lambungnya terluka.

Dalam banyak kasus, racun yang dapat melukai lambung adalah sianida. Fakta lain penyelidikan mengungkap, Mirna tidak memesan kopi yang diteguknya. Namun temannya yang datang lebih dulu yang memesankan.

Jesica Ngadimin

Pengguna akun Facebook atas nama Jessica Ngadimin angkat bicara terkait kematian Mirna. Pengguna akun tersebut mengklarifikasi pemberitaan yang menyebutkan namanya dalam kematian Mirna.

Status yang ditulis pada Sabtu (9/1/2016) pukul 05.48 tersebut berisi pesan bahwa pemberitaan dengan unggahan foto Jessica Ngadimin dalam pesan berantai tentang pembunuhan Mirna tidaklah benar dan tidak berdasar.

Pengguna akun yang mengatasnamakan keluarga Jessica Ngadimin itu mengingatkan kepada sejumlah pihak yang telah membuat pemberitaan salah tersebut untuk membuat ralat dan mengajukan permintaan maaf.

Ini isi lengkap status akun Facebook Jessica Ngadimin seperti yang dikutip Kompas.com:

Sehubungan dengan adanya pemberitaan pemberitaan yang tidak benar dan tidak berdasar dengan mengunggah foto keluarga kami yang bernama Jessica Ngadimin dalam berita pesan berantai tentang ” Pembunuhan Wayan Mirna Salihin”, bersama ini kami berikan peringatan keras kepada pihak-pihak yg menyebarkan berita tidak benar ini utk meralat pemberitaanya dan mengajukan permohonan maaf sebelum pihak kami melakukan proses hukum untuk mengungkap pembuat dan pihak pihak yg menyebarkan berita bohong tersebut. Kami memberikan waktu 1×24 jam kepada pihak pembuat dan penyebar berita bohong tersebut utk meralat pemberitaan dan mengajukan permohonan maaf terbuka. Demikian peringatan ini kami sampaikan atas nama keluarga Jessica Ngadimin.

Menurut pantauan Kompas.com, Minggu (10/1/2016), akun Facebook tersebut di-protect. Hanya status tersebut yang bisa dilihat khalayak umum. Timeline hingga foto tidak tersedia. Bahkan, foto profile-nya kosong. Akun Jessica Ngadimin ini sudah ada sejak tahun 2007.

Pamitan

Keluarga mengenal sosok Mirna sebagai anak yang baik, ulet dan keras. Bahkan, keluarga tak memiliki firasat apapun atas kepergian Mirna untuk selama-lamanya tersebut.

Ayah Mirna, Edi Darmawan Salihin mengatakan, Mirna baru melangsungkan pernikahan dengan Arif beberapa bulan lalu di Bali.

“Meski memiliki pribadi yang keras tapi ditangan Arif dia bisa manut,” kata Edi saat diwawancara sambil dijaga para pengawalnya, Minggu (10/01/2016).

Kata Edi, tidak ada firasat apapun yang dialami keluarga sebelum Mirna tewas. Dirinya hanya pamit untuk menggelar meeting. “Kebetulan dia pegang salah satu perusahaan saya,” singkatnya seperti diberitakan MetroTV.

Pihak keluarga telah memakamkan Mirna di Bogor, Jawa Barat. Pemakaman ini berlangsung haru. Bahkan, Shendi Shalihin, 27, kembaran Mirna, sempat pingsan saat peti jenazah Mirna dimasukan ke liang kubur.

Kesedihan juga terlihat pada wajah suami Mirna, Arif Soemarko yang sejak peti jenazah diturunkan dari ambulance hanya terdiam sambil memegang foto mirna. Arif yang datang ke pemakaman menggunakan sweater abu-abu, kemeja putih dan celana jeans ini juga tidak bisa diwawancara.

Jenazah Mirna diantarkan dari rumah duka di Jakarta, dengan diiringi puluhan mobil mewah. Terlihat pula dua unit bus pariwisata yang membawa pelayat ke lokasi pemakaman.

Di jagad sosial media Mirna memang jarang aktif memposting status maupun foto. Namun, terdapat beberapa foto dirinya bersama sang suami tercintanya. Berikut ini foto-foto Mirna Salihin yang selain dikutip dari Facebook, juga dari akun Instagram bernama Bramantya Wijaya :

mirna salihin 12 Mirna Saihin saat minum kopi Mirna Salihin 1 Mirna Salihin 2 Mirna Salihin 3 Mirna Salihin 4 mirna salihin 5 Mirna Salihin 6 Mirna Salihin 7 Mirna Salihin 8 Mirna Salihin 10 mirna salihin 13 mirna salihin 15 mirna salihin 16 mirna salihin 17 mirna salihin 18 mirna salihin 19 Wayan Mirna Salihin 1 wayan mirna salihin 2 wayan mirna salihin dan arief soemarko mirna salihin 11 wayan mirna salihin meninggal

 

Baca juga ya gaes:

Foto-foto terlengkap kembaran Mirna Salihin, Sendy Salihin ukuran besar
Mengapa Jessica minta dicium Mirna Salihin?
Lihatlah! Video detik-detik Jessica Kumala Wongso digiring polisi
Lihat ekspresi Jessica Wongso saat ditangkap polisi
Foto-foto teman Mirna Salihin, Jessica Wongso yang misterius

 

Loading...
loading...