Kronologi bentrok suporter di jalan TB Simatupang versi Pak Polisi

Inilah berita rusuh suporter di depan Gedung Aneka Tambang. (Detik.com)

Bentrok yang melibatkan bobotoh, suporter Persib Bandung terjadi di ruas Jalan TB Simatupang, baik arteri maupun jalan tol pada Minggu 9 November 2014 dini hari. Dan beginilah kronologi bentrok tersebut seperti yang diberitakan Tribunnews.com yang mengutip dari keterangan pihak Polda Metro Jaya.


Polisi menyebut, bentrokan dipicu ulah bobotoh yang kemudian dibalas oleh warga sekitar. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto menyebut ada enam orang yang ditangkap atas kerusuhan tadi malam. Mereka terdiri dari lima orang bobotoh dan seorang kernet bus yang saat ini diperiksa di Polres Jaksel.

“Untuk meredam aksi para suporter, sempat pula diberi gas air mata,” kata Rikwanto pada Tribunnews.com.

Berikut Kronologi Bentrok yang Melibatkan Bobotoh Versi Polda Metro Jaya:

Loading...

Minggu 9 November 2014

Pukul 19.00 sampai 24.00 WIB
Melintas sekitar 80 bus bobotoh di Tol JORR.

Pukul 00.30 WIB
Melintas 20 bus bobotoh yang ketinggalan rombongan awal. Di depan Gedung Aneka Tambang , Tol JOR perbatasan Pasar Minggu – Jagakarsa, bobotoh yang ada di bus 1 sampai bus 3 turun sehingga 17 bus yang ada dibelakangnya ikut berhenti.

Jumlah mereka sekitar 200 orang kemudian memprovokasi warga pengguna jalan di jalur lambat dengan melempari mobil yang melintas menggunakan batu, botol dan bambu.

Pukul 00.50 WIB  
Bobotoh menutup jalan Tol ke arah timur dan ke arah barat kemudian massa turun melempari warga dan pengguna jalan yg melintas.

Pukul 01.15 WIB
Sekitar 150 warga Tanjung Barat turun ke jalan membawa batu, botol, kayu, bambu menyerang dan mensweeping massa bobotoh yang tetinggal dari bus rombongannya. Untuk meredam aksi itu, polisi membubarkan Bobotoh dan warga dengan tembakan gas air mata oleh 160 anggota polisi gabungan dari Polda Metro, Polres Jaksel dan Polsek setempat.

Massa membubarkan diri dan masuk ke dalam perkampungan warga.

Pukul 01.20 WIB
Mobil Patko Polsek Jagakarsa diserang warga lantaran mengamankan seorang bobotoh yang kedapatan membawa sebuah bom molotov dari botol minuman bersuplemen. Bobotoh ini diamankan di Polsek Jagakarsa.

Pukul 01.30 WIB
Arus lalu lintas dari arah timur dan barat sudah mulai dibuka kembali dan arus lalin kembali lancar.

Pukul 02.30 WIB
Di depan pintu Tol Lenteng Agung 3, massa Jakmania dan warga turun ke Tol ingin sweeping bus bobotoh. Tapi upaya itu dihalau oleh pasukan gabungan. Konsentrasi masa terbagi 6 yakni di perempatan Antam, perempatan Ranco, Depan Kantor PKS, Pintu Tol Lenteng Agung 3, Perempatan Trakindo , Pintu masuk Tol PKS .

Pasukan dibagi di 3 titik rawan ( konsentrasi masa ).

Pukul 05.00 WIB
Konsentrasi masa sudah nihil (dari JORR Pasar Minggu ke Jagakarsa ) dan Arus Lalin Normal.

Berita sambungan dari :

Inilah berita rusuh suporter di depan Gedung Aneka Tambang

Suporter di Tol TB Simatupang bubar jalan, lalu lintas lancar jaya

Loading...
loading...