Kru kecelakaan, kualifikasi final YCR 2014 dihentikan

Yamaha Cup Race di Maguwoharjo. (Kompas)

Seorang kru tim dalam sesi kualifikasi final YCR (Yamaha Cup Race) 2014 di sirkut Manguwoharjo, Sleman, Yogyakarta mengalami kecelakaan, Sabtu, 8 November 2014. Akibatnya, sesi yang ditunggu-tunggu itu terpaksa dihentikan.


Lintasan sendiri dalam kondisi basah setelah hujan lebat yang mengguyur. Kondisi itu membuat para rider cukup kesulitan memacu motornya. Bahkan tak sedikit dari mereka yang tergelincir.

Insiden buruk itu pun terjadi saat para pembalap kelas YCR 2 (bebek tune up 110 cc Sedded) turun ke trek. Bendera merah dikibarkan oleh marshall setelah sesi tersebut berjalan sekitar 10 menit.

Seorang kru tertabrak saat akan menolong rider timnya yang terjatuh. “Informasi yang saya terima, Sulung Giwa dari Putra Anugrah jatuh di R8, kemudian kru timnya masuk untuk membantu dan dia tidak melihat ada rider lain melintas,” kata Supriyanto, Manager Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Loading...

Supriyanto menyebut kejadian nahas itu sebagai musibah dan menjelaskan kronologis singkatnya. “Tentang kejadian tadi, adalah inisiatif dari kru untuk menolong pembalapnya Itu merupakan musibah. Banyak saksi mata melihat dia melompati pagar untuk masuk lintasan.”

Sesuai peraturan, seharusnya tak seorangpun boleh masuk ke lintasan ketika balapan berlangsung. “Kita sudah jelaskan kepada seluruh manajer tim tentang hal tersebut. Yang boleh berada di sana hanyalah petugas,” lanjut Supriyanto.

Agar kejadian semacam itu tak kembali terulang, Supriyanto mengaku akan semakin memperkuat pengikatan keselamatan dan pengawasan. “Kami akan melakukannya, terutama di titik-titik yang krusial. Ini menjadi pelajaran bagi kami,” sambungnya.

Dengan penghentian ini, hanya ada dua kelas yang telah selesai menjalani sesi kualifikasi. Sedangkan untuk kelas lain, bakalan menggelarnya pada Minggu, 9 November ini.

Loading...
loading...