Kumpulan gambar dan animasi malam Lailatul Qadar

Istimewa, penuh keberkahan sekaligus bulan penuh ampunan. Begitulah keistimewaan bulan Ramadhan bagi kaum Muslim. Bulan ini bahkan merupakan bulan yang sangat spesial karena di bulan ini adalah bulan turunnya kitab suci Al-Quran bagi umat islam dan ada satu malam yang sangat mengesankan, yakni malam Lailatul Qadar.

Bagi umat muslim malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat mulia dan penuh keberkahan. Di malam ini juga, para malaikat turun ke bumi dan Allah membuka pintu pengampunan selebar-lebarnya bagi hambanya yang bertobat dan bersujud untuk menghidupkan malam Lailatul Qadar. (WAJIB BACA!! 6 Tahap memakai hijab simple dan stylish di Infoheboh.com)

Dalam bahasa Arab, Lailatul Qadar memiliki arti sebagai malam ketetapan. Yang dimaksud dengan malam ketetapan sendiri merupakan malam yang sangat penting dimana malam ini adalah malam turunnya Al-Quran ke bumi. Malam Lailatul Qadar juga merupakan malam yang sangat mulia. Saking mulianya, ia dikatakan sebagai salah satu malam yang bahkan lebih baik dari 1000 malam sekalipun.

Menurut Wikipedia, ulama besar dan ahli agama Quraish Shihab mengungkapkan bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam penuh pengampunan, penuh kemuliaan dan penuh keutamaan. Adapun keutamaan malam Lailatul Qadar antara lain adalah seperti di halaman selanjutnya ini.

Dalam Al-Quran dan Hadist banyak dijelaskan bahwa malam Lailatul Qadar merupakan malam yang begitu mulia. Di malam Lailatul Qadar ini, para malaikat turun ke bumi dan memberikan syafaat kepada orang-orang yang senantiasa beribadah, berdoa memohon ampun serta menghidupkan malam Lailatul Qadar. Di malam ini pula, dikatakan sangat sempit karena banyaknya malaikat yang turun ke bumi. Hal ini seperti yang ditegaskan dalam Al-Quran,

Malam Lailatul Qadar juga merupakan salah satu malam yang lebih utama dari 1000 malam atau bahkan 1000 bulan. Segala amalan baik yang dilakukan di malam Lailatul Qadar lebih utama daripada amalan di 1000 bulan sekalipun. Imam Mujahid, Qotadah dan ulama besar lain berpendapat bahwa keutamaan malam Lailatul Qadar ini tak pernah bisa ditemukan di malam-malam lain. Di dalam Al-Quran dijelaskan,

Masih di dalam Al-Quran dan di dalam surah Al-Qadar, malam Lailatul Qadar dijelaskan sebagai malam yang penuh dengan kesejahteraan. “Malam itu (Lailatul Qadar) penuh kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadar, 5). Orang-orang yang senantiasa beribadah dengan tulus, mendirikan salat baik salat wajib dan sunah, membaca Al-Quran, berdzikir dan melakukan kebaikan di malam ini akan mendapatkan ketenangan serta kesejahteraan. Orang-orang yang senantiasa menghidupkan malam ini juga akan dijaga oleh para malaikat yang sedang turun ke bumi.

Para ahli agama dan beberapa periwayat hadist seperti Imam Bukhari, Abu Malik, Abdullah Bin Umar, Mujahid, Imam Muslim dan sebagainya menyebutkan bahwa di malam Lailatul Qadar, penulisan takdir di lauhul mahfudz dalam setahun akan dirinci. Di malam ini, ketentuan ajal juga rezeki juga akan kembali dicatat dan ditetapkan.

Bagi setiap orang yang ingin mendapatkan pengampunan dari Sang Pencipta dan dihapuskan dosa-dosanya, malam Lailatul Qadar adalah waktu yang tepat untuk memohon ampunan. Ya, meskipun pada dasarnya setiap waktu dianjurkan untuk dijadikan sebagai waktu meminta pengampunan dan pertobatan. Hanya saja, di malam Lailatul Qadar ini Allah akan mengampuni dan menghapuskan dosa-dosa orang yang bertobat dengan sungguh-sungguh.

“Barang siapa melaksanakan salat malam di malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari).

Lantas, kapan malam yang penuh kemuliaan ini akan datang dan bagaimana tanda-tanda kedatangannya?

Tanda-tanda malam Lailatul Qadar
Mendapatkan berkah Lailatul Qadar adalah harapan dari kita semua umat Islam yang tengah menjalankan ibadah puasa. Sebab, kemuliaan malam itu akan membawa kita kepada keberkahan abadi, karena malam itu lebih baik dari 1000 bulan.

Namun tidak semua kita mendapatkan keberkahan itu, karena hanya orang-orang pilihan dan benar-benar bersungguh-sunguh menjalankan ibadahlah yang mendapatkannya. Namun tahu kah anda Lailatur Qadar bisa turun di mana saja, dan siapa saja yang mendapatkannya. Karena di malam 10 terakhir Ramadan adalah malam Lailatul Qadar.

Selalu ganjil yakni antara 21, 23, 25, 27, dan 29. Namun seperti disampaikan khotib salat Jumlah di Masjid Ar Rauda di Jl Palembang Jambi KM 32, Walau bagaimanapun juga diantara hikmah malam ini memang dirahsiakan agar umat Islam rajin beribadat di sepanjang malam khususnya di sepuluh malam yang terakhir. Namun ada tanda-tanda yang sangat baik. Sebahagian Muslim biasanya berusaha tidak melewatkan malam ini dengan menjaga diri agar berjaga pada malam-malam terakhir Ramadan sambil beribadah sepanjang malam.

Adapun tanda-tanda bermacam-macam dari cerita kita orang awam, tetapi ada keyakinan bahwa tanda-tanda lailatul qadar, diantaranya: pohon sujud, bangunan-bangunan tidur, air tawar berubah asin, anjing-anjing tidak menyalak, dan beberapa tanda yang jelas batil dan rosak. Maka dalam masalah ini keyakinan tersebut tidak boleh diyakini kecuali berdasarkan atas dalil.

ADAPUN tanda yang pernah disampaik Rasulullah adalah:

1. Terbitnya matahari.
– Cahayanya lembut sejak pagi
– Cerah
– Sinarnya tidak begitu menyengat bisa siang hingga terbit besok paginya.

Dari Ubay bin Ka’ab radliyallahu’anhu, bahwasanya Rasulullah sollahu’alaihi wa sallam bersabda:

“Keesokan hari malam lailatul qadar matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar terang” (HR Muslim)

2. Udara
– Sejuk dan tenang

Ibnu Abbas radliyallahu’anhu berkata: Rasulullah sollahu’alaihi wa sallam bersabda:

“Lailatul qadar adalah malam tentram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah” (Hadist hasan)

3. Kemunculan Bulan

– Tanda malam hari di mana Bulan menampakkan diri dengan separuh

Abu Hurairah radliyallahu’anhu pernah berkata: Kami pernah berbincang tentang lailatul qadar di sisi Rasulullah solallahu’alaihi wa sallam, beliau berkata,

“Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan.”(HR. Muslim)

4. Malam
– Terang
– Sejuk, tidak panas juga tidak dingin
– Tak nampak awan di langit yang terang
– Tidak ada hujan
– Angin berhembus lembut

Sebagaimana sebuah hadit, dari Watsilah bin al-Asqo’ dari Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam:

“Lailatul qadar adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi syaitan)” (HR. at-Thobroni dalam al-Mu’jam al-Kabir 22/59 dengan sanad hasan)

5. Rasa umat yang beribadah
– Merasakan keheningan dalam kebahagiaan dan ketenangan
– Hati dan pikiran merasakan nikmat bermunajat dan berdoa, berbeda dengan malam lainnya.

Dan berikut ini kumpulan gambar dan animasi yang bisa Anda gunakan untuk DP BBM:

lailatul qadar 2 lailatul qadar 3 lailatul qadar 4 lailatul qadar 5 lailatul qadar 6 lailatul qadar 7 lailatul qadar 8 lailatul qadar 9 lailatul qadar 10 lailatul qadar 11 lailatul qadar 12 lailatul qadar 13 lailatul qadar 14 lailatul qadar 15 lailatul qadar 16 lailatul qadar 17 lailatul qadar 18 lailatul qadar 19 lailatul qadar 20 lailatul qadar 21 lailatul qadar 22 lailatul qadar 23 lailatul qadar 24 lailatul qadar 25 lailatul qadar 1