Penampakan sketsa busana pengantin Selvi Ananda

Meskipun terlihat simpel dan klasik, namun busana pengantin yang bakal dipakai putra sulung presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda saat resepsi nanti tetap berkesan ‘wah’. Sang desainer Hanif Nanjaya mengatakan bahwa busana pengantin Selvi merupakan kebaya panjang model kutu baru.

Kebaya berbahan beludru hitam itu dihiasi detail payet, mote dan benang bernuansa emas. Sulaman payet dan mote membentuk motif sulur yang menghiasi garis leher hingga bagian belakang kebaya. Kebayanya sendiri dibuat menjuntai ke belakang, dengan ekor sepanjang satu meter.

Hanif seperti diberitakan Detik.com mengatakan, baik Gibran, Selvi maupun Ibu Negara Iriana Joko Widodo memang menginginkan busana pengantin yang minim detail tanpa meninggalkan kesan mewah dan elegan. Diceritakan Hanif, pengerjaan busana pengantin Gibran dan Selvi memakan waktu hingga tiga bulan.

Loading...
baju pengantin

baju menantu jokowi. (Detik.com)

“Permintaan dari pihak Selvi memang maunya simpel. Itu suatu tantangan untuk kami karena kami terbiasa membuat baju pengantin yang glamour,” tutur Hanif, saat ditemui Wolipop di butiknya, Chili Boutique, Jl. RM Said, Solo, Senin (8/6/2015).

Hanif pun memberikan gambaran seperti apa kira-kira bentuk busana pengantinnya dalam sebuah sketsa sederhana. Kebaya beludru tersebut akan bisa dilihat oleh publik pada Kamis (11/6/2015), yaitu saat resepsi yang bertempat di gedung Graha Saba milik keluarga Jokowi.

Sebelum resepsi, terlebih dahulu akan dilakukan prosesi pemasangan Bleketepe di kediaman Selvi, Selasa (9/6/2015). Kemudian dilanjutkan dengan siraman dan midodareni pada Rabu (10/6/2015).

Keluarga Jokowi bersama calon besannya menggelar Kumbakarnan atau rapat keluarga besar menjelang pernikahan, Minggu (7/6/2015), di Chilli Pari, Sumber, Banjarsari, Solo. Dalam rapat itu, seluruh panitia pernikahan mendapat tugas masing-masing.

Gibran juga menyinggung soal prosesi seserahan dan tembungan yang menjadi bagian dari prosesi pernikahan dia. Di kedua prosesi itu, Gibran akan jalan kaki dari kediamannya ke kediaman Selvi Ananda, Selasa (9/6/2015) malam.

“Saya jalan kaki saat tembungan dan seserahan. Mungkin nanti yang naik kuda Selvi,” jelas Gibran seusai kumbakarnan kepada wartawan.

Disinggung kenapa harus jalan kaki, Gibran mengatakan rumahnya dan rumah Selvi jaraknya cukup dekat, sehingga tidak perlu menggunakan kendaraan.

“Tidak ada mobil, deket kok . Nanti saya jalan kaki,” ungkap dia.

Terkait konsep dekorasi, Gibran enggan membeberkan lebih detail kepada wartawan. Dia hanya mengatakan konsep dekorasi akan menggunakan adat Jawa.

“Dekorasi biasa saja. Nanti pakai adat jawa, mengikuti pakem dah gitu aja,” ujar Gibran yang saat itu didampingi calon istrinya Selvi Ananda.

Loading...
loading...