Pesawat Jupiter TNI AU tabrakan di Malaysia, pilot diselamatkan ini…

pesawat jupiter tabrakan. (BBC)

Dua pesawat tim aerobatik Jupiter TNI Angkatan Udara jenis KAI KT-1B Woongbi tabrakan saat melakukan latihan untuk acara Langkawi International Maritime and Aerospace (Lima) 2015 di Malaysia, Minggu 15 Maret 2015 siang tadi sekitar pukul 14:05 waktu setempat (13:05 WIB).

“Kedua pesawat bersenggolan karena terjadi gangguan yang tidak bisa dikendalikan sehingga pilot memutuskan untuk eject [melontarkan diri dari pesawat],” kata Juru Bicara (Jubir) TNI, Mayjen Fuad Basya.

Satu pesawat jatuh di area pegunungan dan satu lagi di dekat area permukiman. Beruntung, keempat pilot yang berada di dua pesawat tersebut selamat dan menjalani perawatan.

Loading...

Kedua pesawat tersebut adalah bagian dari enam pesawat KT buatan Korea Selatan yang dikirim TNI untuk pertunjukan di Langkawi. TNI masih akan mengkaji apakah pertunjukan tim Jupiter masih bisa dilanjutkan atau tidak.

“Secara moril, kami masih ingin melakukan pertunjukan tetapi dari segi formasi kami belum tahu karena semua pesawat itu kan sudah merencanakan beraneka formasi, dan kalau dua pesawat tidak ada, apakah masih mungkin melakukan formasi-formasi itu,” tambahnya.

Sementara itu, media Malaysia Star Online melaporkan bahwa semua kegiatan latihan udara terkait Langkawi Airshow dihentikan menyusul kecelakaan itu.

Loading...
loading...