Rachmat Hidayat meninggal, selamat jalan aktor senior

Berduka. Kembali berduka dunia perfilman Tanah Air kita. Karena salah satu aktor besarnya, Rachmat Hidayat meninggal dunia dalam usia 81 tahun, Minggu (14/6/2015) dini hari kemarin. Rachmat Hidayat meninggal sekitar pukul 04.30 WIB di Rumah Sakit Borromeus, Bandung.


“Innalillahi wa inna illaihi roji’un….. telah berpulang ke rahmatullah aktor senior yg terakhir dr generasi Usmar Ismail, RAHMAT HIDAYAT, 81 tahun, dinihari Minggu 14/6/2015 di Bandung. Semoga diampuni segala kealpaan dan dosanya, diterima amal baik serta iman Islamnya….. Aamiin,” itulah isi pesan singkat yang diedarkan wartawan senior Yan Wijaya sebagaimana yang dikutip Liputan6.com.

Rachmat meninggal dunia akibat penyakit jantung dan stroke. Sebelum meninggal, kondisi kesehatan bintang film Mat Peci ini belakangan memang kurang membaik.

Rachmat Hidayat merupakan salah satu aktor besar Indonesia. Kariernya dimulai lewat film Toha, Pahlawan Bandung Selatan pada 1961. Sedangkan film terakhir yang dibintangi aktor kelahiran 3 Juli 1933 ini berjudul Si Kabayan Cari Jodoh.

Loading...

Kemampuan akting Rachmat Hidayat tak perlu diragukan. Sebagai bukti, aktor yang memiliki kumis khas ini telah menyabet sejumlah penghargaan bergengsi di Tanah Air. Salah satunya, ia pernah menyabet penghargaan Piala Citra sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik lewat film Pacar Ketinggalan Kereta (1989).

Tak kurang 94 judul film telah dibintangi pria yang hobi mengendarai sepedamotor besar ini. Film-film Rachmat Hidayat yang cukup terkenal di antaranya; Lewat Tengah Malam (1971), Ayah (1973), Bulan di Atas Kuburan (1973), Tangisan Ibu Tiri (1974), Petualangan Cilik (1977), Badai Pasti Berlalu (1977), Kembang Semusim (1980), Lima Cewek Jagoan (1980) dll.

Aktor kawakan dan juga Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedy Mizwar, mengungkapkan belasungkawa atas berpulangnya Rachmat, pemeran Abah di film Si Kabayan (1975) itu.

“Innalillahi wa inna ilaihi roji’un.Trt brduka ats mningglnya bp H Rahmat Hidayat ayahanda bu Enden Rosdiana Rahmiwati,” tulis Dedy di akun Twitter-nya.

Rachmat Hidayat lahir di Bandung, 3 Juli 1933. Rachmat bergabung di Batalyon III Siliwangi. Tahun 1953 ia diperbantukan di CPM Intel. Pada saat menjadi CPM itulah ia bertemu Usmar Ismail. Lalu ditawarin main pada film Toha, Pahlawan Bandung Selatan.

rachmat hidayat. (Liputan6.com)

rachmat hidayat. (Liputan6.com)

Pada awal kariernya ia mulai bermain film pada tahun 1961 hingga sekarang. Pada tahun 1971, ia pernah menjabat sebagai Ketua Parfi Cabang Bandung selama dua periode. Ia seangkatan dengan aktor dan aktris seperti Rima Melati, Rina Hassim, Mieke Widjaya, W.D Mochtar, Maruli Sitompul dan Bambang Hermanto.

Rachmat menikah dengan Tetty Rodiah. Selama berkarier ia tidak pernah hijrah dari kota Bandung, apabila ada kegiatan syuting di Jakarta ia selalu kembali ke Bandung dengan mengendarai motor besar kegemarannya.

 

Loading...
loading...