Ratusan Siswa SD Sesak Napas Diduga Keracunan Es Potong

Ilustrasi keracunan. (Google Images)

Keracunan massal kembali terjadi, baru-baru ini di Eromoko, Wonogiri, Jawa Tengah. Dikabarkan, sebanyak 119 siswa sekolah dasar (SD) di Kecamatan Eromoko, Wonogiri, Jawa Tengah, keracunan setelah mengonsumsi jajanan es potong di lingkungan sekolah. Adapun sembilan siswa bahkan harus dirawat inap karena kondisinya sangat lemah.

Para siswa berasal dari SDN 2 Gundi, SDN 3 Tejosari, SDN 1 Pasekan, dan SDN 2 Pasekan. Sejak Selasa (4/11/2014), mereka mengalami gejala keracunan. Mereka lalu mendatangi rumah sakit dan puskesmas terdekat.

“Berdasarkan informasi, para siswa ini mengeluh pusing, mual, sesak nafas dan diare, setelah mengkonsumsi es potong, yang dijual di lingkungan sekolah mereka. Diduga kuat, es potong inilah penyebab keracunan,” terang Camat Eromoko, Danang Erawanto, Jumat 7 November 2014.

Loading...

Para siswa mengaku gejala muncul setelah menyantap es potong pada Senin lalu. Menurut mereka, penjual es potong baru kali itu berjaja di lingkungan sekolah mereka.

“Dari hasil pemeriksaan laboratorium, para siswa ini mengalami peradangan lambung dan usus. Diduga kuat ini pengaruh zat makanan atau minuman yang kedaluwarsa,” ujar Kepala Kecamatan Wuryantoro, Titik Setyaningsih.

Sebagian besar siswa hanya rawat jalan setelah mendapat obat. Namun sembilan lainnya harus dirawat inap.

Polsek Eromoko tengah menyelidiki kejadian tersebut. Polisi terus mencari keberadaan penjual es potong itu agar kasus serupa tak terulang lagi. (Sumber: Metro TV)

Loading...
loading...