Ratusan turis pantai di Gunungkidul dicipok ubur-ubur

Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meskipun kering dan ndeso tapi menyimpan banyak harta benda yang tak ternilai, yakni tempat-tempat wisata alam, khususnya goa dan pantai. Jika dikelola dengan maksimal dan top markotop, bukan tidak mungkin keberadaan pantai selatan ini bisa mengalahkan keindahan pantai-pantai di Bali. Bukan Balikambang lho…Itu lainn..

Namun, apa jadinya jika lagi enak-enaknya mantai, berlagak ala film Baywatch, eee malah dicipok ubur-ubur? Nah, bicara soal dicipok ubur-ubur nih, ada berita yang menyebutkan bahwa ada sebanyak 561 wisatawan yang berlibur di objek wisata pantai Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tersengat ubur-ubur.

paha mulus cewek pantai

Loading...

Sekretaris SAR Korwil II Pantai Baron Gunung Kidul Surisdiyanto di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan sejak H+1 sampai H+5 Lebaran 2015 sudah ada 561 orang terkena sengatan ubur-ubur.

Pada H+1 Lebaran 2015, ada 27 korban, H+2 sebanyak 10 korban, H+3 tercatat 204 korban, H+4 terdapat 103 korban, dan pada hari ini sebanyak 103 korban. “Sampai sore 16.00 WIB total ada 561 korban akibat sengatan ubur-ubur,” katanya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pemantauan hingga H+7 mendatang karena memang standart operational pelaksanaan (SOP) yang dijalankan selama liburan Lebaran.

Meski demikan, lanjut dia, untuk pemantauan akan terus dilakukan, mengingat bulan ini merupakan musim ubur-ubur.

“Kami terus melakukan pemantauan terkait perkemabangan ubur-ubur,” katanya.

Pantauan yang dilakukan dengan menggunakan kapal patroli milik SAR Linmas Pantai Baron. Pantauan sendiri dilakukan mulai dari Pantai Baron menuju ke Pantai Siung.

“Dari pantauan masih ada jutaan ubur-ubur yang mengapung di perairan, bahkan jumlahnya mencapai jutaan,” kata dia seperti yang dikutip dari kantor berita resmi ANTARA.

Sementara itu, Koordinator SAR Linmas Pantai Baron Marjono menyebutkan angka korban sengatan ubur-ubur ini meningkat dari musim Lebaran 2014 sebanyak 56 orang.

“Tahun lalu masih ada hujan sehingga tidak banyak ubur-ubur yang terbawa ke pantai,” kata Marjono.

Apa itu ubur-ubur?

Menurut Wikipedia, ubur-ubur adalah sejenis binatang laut yang termasuk dalam kelas Scyphozoa. Tubuhnya berbentuk payung berumbai, dapat membuat gatal pada kulit bila tersentuh. Rongga pada tubuh kelompok ubur-ubur disebut gastrovaskuler. Lubang besar tempat keluarnya air disebut osculum. Larva ubur-ubur disebut planula. Tercatat ada sekitar 1.800 jenis ubur-ubur. Ubur-ubur merupakan invertebrata(tak bertulang belakang)

Jenis ubur-ubur yang paling berbahaya adalah dari kelompok Cubozoa. Sengatan tentakelnya bisa menimbulkan kematian. Ubur-ubur yang paling mematikan dari kelompok ini adalah ubur-ubur Irukandji, yang ukurannya kecil. Ubur-ubur ini hidup di sekitar pantai Australia.

Loading...
loading...