Siraman, Gibran-Selvi diguyur air zamzam, air keraton, air Masjid Agung…

Rangkaian prosesi pernikahan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, dengan Puteri 2009 Selvi Ananda mulai berlangsung Rabu pagi, 10 Juni 2015. Adapun ritual pemasangan bleketepe dan siraman sudah dilakukan.

Adapun seperti diberitakan di sejumlah media online terpercaya, prosesi siraman secara bergantian dilakukan di rumah Selvi dan Gibran dengan menggunakan air dari tujuh sumber mata air. Makna tujuh sumber yang dalam bahasa Jawa disebut pitu sumber itu adalah pitulungan atau pertolongan. Kedua calon mempelai diharap mendapat pertolongan dari Tuhan dalam menghadapi hidup berkeluarga.

Tujuh sumber mata air itu dari Masjid Agung Surakarta, Ndalem Mloyokusuman, Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Mangkunegaran, air zamzam Mekah, dan sumur kediaman pribadi.

Loading...

Proses siraman di kediaman Selvi dimulai pukul 09.00 WIB. Prosesi itu dilakukan secara bergantian oleh orang tua Selvi, Didit Supriyadi dan Sri Partini. Kemudian dilanjutkan oleh kerabat yang dituakan.

Gibran Rakabuming Raka siraman. (Tempo.co)

Gibran Rakabuming Raka siraman. (Tempo.co)

Seusai siraman di rumah kontrakan Selvi, air siraman dibawa dengan menggunakan bejana emas oleh kerabat Selvi, yakni Purboyono, Heru Haryanto, dan Slamet Darsono, menuju kediaman Jokowi yang berjarak kurang dari 200 meter. “Ini mau dipakai siraman untuk Gibran,” ucap Purboyono.

Sebelum acara siraman, Didit Supriyadi memasang bleketepe–berupa anyaman janur sebagai perwujudan penyucian para dewa di kayangan–di pintu masuk rumahnya. Bleketepe berasal dari kata “Bale” dan “Katapi”. “Bale” artinya tempat, sementara “Katapi” dari kata “Tapi” yang berarti membersihkan dan memilahkan kotoran untuk kemudian dibuang.

Dengan demikian, pemasangan bleketepe dapat diartikan secara luas sebagai ajakan orang tua dan calon pengantin kepada semua orang yang terlibat di dalam upacara hajatan untuk berproses bersama menyucikan hati.

Seperti diberitakan agar acara resepsi dan akad nikah mereka digelar di Graha Saba, Solo, Jawa Tengah, pada Kamis, 11 Juni 2015. Katering Chilli Pari telah menyiapkan daftar menu yang akan disuguhkan untuk tamu. Mereka akan menyediakan berbagai makanan tradisional khas Kota Solo. Menurut Gibran, ada sejumlah makanan ringan yang akan dihadirkan dalam jamuan itu.

Beberapa sajian untuk para tamu di antaranya serabi, sosis basah daging sapi, keleman, serta perawan ayu. “Pasti belum pernah dengar nama makanan perawan ayu. Nanti lihat saja,” ucap Gibran di Solo, Selasa, 9 Juni 2015.

Gibran masih tetap merahasiakan jenis masakan yang memiliki nama unik itu. “Bahannya dari umbi-umbian,” tuturnya. Dia hanya menegaskan bahwa makanan bernama perawan ayu itu masih termasuk kategori makanan ringan.

Selvi Ananda. (Tribunnews.com)

Selvi Ananda. (CNN)

Urusan makanan dalam acara itu ditangani langsung oleh Chilli Pari, perusahaan katering sekaligus penata acara pernikahan (wedding organizer) milik Gibran. Perusahaan itu dia rintis setelah lulus kuliah di Singapura pada 2010.

Sedangkan lokasi resepsi pernikahan Gibran-Selvi diselenggarakan di gedung pertemuan Graha Saba milik Jokowi. Gedung yang dibangun di atas lahan seluas 4 ribu meter itu diperkirakan mampu menampung sekitar 2.000 tamu.

Gibran menikahi Selvi setelah lima tahun berpacaran. Gibran dan Selvi bertemu pertama kali pada 2009, ketika Selvi mengikuti pemilihan Putra-Putri Solo. Saat itu Gibran menjadi salah satu juri dalam materi bahasa Inggris.

Baca juga:

Cantiknya Selvi Ananda saat kenakan jilbab

Tema resepsi pernikahan Gibran Jokowi-Selvi Ananda

Kisah romantis Selvi Ananda saat dipingit, hujan di bulan Juni

Kisah cinta Selvi Ananda, naik kuda dan lain-lainnya

Pernikahan Gibran-Selvi, presiden Jokowi minta restu

Penampakan sketsa busana pengantin Selvi Ananda

Inilah tanda-tanda gaib pernikahan Gibran-Selvi Ananda

Inilah busana pernikahan Gibran-Selvi Ananda

Foto rumah Gibran Jokowi dan Selvi Ananda, benar ini?

Gibran Jokowi dinilai sombong

Foto-foto Gibran Rakabuming tersenyum

Loading...
loading...