Tabrakan maut speedboat di perairan Ternate

Speedboat. (Google Images)

Tahukah Anda, tabrakan tidak melulu menjadi risiki di transportasi darat, di transportasi air pun yang namanya tabrakan bisa saja terjadi kalau tidak hati-hati. Seperti yang terjadi di perairan Ternate, dua speedboat tabrakan, Selasa 7 Oktober 2014. Satu orang dilaporkan meninggal dan empat lainnya luka-luka.


Diberitakan Koran Tempo, kecelakaan laut itu terjadi 50 meter dari pelabuhan Kota Batu Ternate atau 400 meter dari pelabuhan Ahmad Yani Ternate, pukul 07.00 waktu setempat, antara speedbod Nurul Sakila dari Desa Cobo Kota Tidore Kepulauan menuju Ternate dengan speedbod Indo Dwi dari pelabuhan Kota Baru menuju Sofifi.

Tabrakan terjadi kala speedboat Indo Dwi, dengan 11 penumpang 2 awak, keluar dari pelabuhan kota baru. Pada saat bersamaan speedbod Nurul Sakila dengan 6 penumpang melintas dari arah Selatan menuju Utara Ternate dengan kecepatan tinggi. Akibatnya, speedbod Nukila Sakila tak bisa mengendalikan speedbod dan menabrak sisi kanan depan speedbod Indo Dwi yang kemudian tenggelam.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Ternate Sarmin Marsaoly mengatakan, saat tabrakan, dua speedbod itu sama sama mengangkut penumpang. Insiden itu diduga terjadi akibat kelalaian motoris dua speedbod tersebut. “Saat ini korban luka-luka sudah dievakuasi ke rumah sakit,” kata Sarmin.

Loading...

Ridwan Samad, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Maluku Utara mengungkapkan, selain mengevakuasi korban selamat, pihaknya juga akan menerjunkan tim untuk menarik badan speedbood yang tenggelam. “Kami juga sedang berkoordinasi dengan pihak berwajib untuk mencari motoris speedbod,” pinta Ridwan.

Loading...
loading...