Tips pilih busana untuk hijabers yang sedang menyusui

hijab. (Google Image)

Hampir semua wanita yang setelah melahirkan, ingin memberikan air susu ibu (ASI) kepada buah hati tercintanya.Biar bagaimanapun ASI adalah sumber asupan utama bagi sang bayi dibading susu formula.

Makanya, beberapa dari mereka juga memilih busana yang nyaman atau memang khusus untuk ibu menyusui terutama saat pergi keluar rumah baik jalan-jalan ke mal atau liburan bersama keluarga. Namun, saat ini sebagian wanita berhijab masih bingung memadupadankan busana agar tetap nyaman menyusui walaupun pergi seharian, biar tidak ribet dan tetap nyaman.

Untuk pemilihan kerudung juga perlu diperhatikan karena kalau salah mengaplikasikan jilbab bisa merepotkan Anda saat harus menyusui.

Loading...

Kali ini ada tiga hijabers cantik dan masih muda yang baru saja melahirkan. Mereka adalah Sendy Monarchi, Mimi Alysa, dan Afra Nurina Amarilla, memberikan tips dan trik memilih busana untuk berpergian saat masih memberikan ASI kepada anak. Berikut uraiannya seperti yang diberitakan Wilopop.com.

1. Busana Berkancing
Sendy menyarankan agar mengenakan busana berkancing. Setiap wanita bisa memadukan busana apa pun asalkan bagian depannya berkancing hingga melewati dada. Ini memudahkan Anda saat harus berpergian membawa anak.

“Kita bisa pakai apa saja, maxi dress, peplum, tapi yang penting saat menyusui pilhlah baju yang berkancing di bagian depannya, supaya mudah menyusuinya,” tutur wanita 26 tahun itu saat berbincang dengan Wolipop usai acara peluncuran buku ‘Diary Ibu Hamil’ di butik Mein Designer, Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (9/11/2014).

2. Pilihan Resleting
Selain berkancing, pilihan busana dengan resleting depan cocok untuk ibu hamil. Afra mengatakan, tidak semua baju memiliki kancing yang mudah dibuka. Jika blouse yang dipakai ternyata kancingnya sulit dibuka bisa merepotkan dan membuat anak semakin rewel. Oleh karena itu, pemilik label ‘Treimee’ ini lebih menyarankan untuk menggunakan busana dengan pilihan resleting depan. Kalau ingin menggunakan busana berkancing pastikan lebih dulu kancing mudah dibuka.

Meskiun demikian, Afra lebih menyarankan untuk menggunakan busana yang khusus ibu menyusui. Busana breastfeeding friendly memiliki kantung atau potongan di bagian dada yang memudahkan wanita ketika harus memberikan ASI kepada anaknya.

3. Pakai Celana
Menurut Mimi, celana lebih memudahkan ibu menyusui saat dipakai untuk berpergian. “Kalau menyusui lebih sering pakai celana daripada dress atau rok supaya lebih mudah geraknya, kadangkan kita duduk di mana saja, kalau pakai rok repot ya, dan yang penting resleting depan atau kancing,” ujar desainer yang tergabung dalam Mein Designer itu.

4. Pakai Kerudung Panjang
Mimi juga menyarankan untuk memakai kerudung panjang. Menurutnya, kerudung panjang menutup dada bisa dimanfaatkan sebagai penutup ketika sedang menyusui. Jadi Anda tidak perlu repot membawa penutup yang khusus untuk menyusui ketika berpergian. Mimi menganjurkan agar memilih scarf panjang dengan material yang tebal dan tidak transparan. Ini berguna agar dada tidak terekspos ketika sedang menyusui di luar ruangan seperti saat makan di restoran atau tempat lainnya.

5. Tak Memakai Aksesori Kerudung
Di akhir perbincangan, Sendy juga menyarankan agar tidak menggunakan aksesori kerudung ketika sedang menyusui. Aksesori seperti bros atau lainnya bisa membuat Anda kerepotan saat akan dan setelah menyusui. Cukup terapkan gaya hijab sederhana dan minim pentul agar tidak membahayakan anak Anda.

“Pakailah kerudung yang sesimpel mungkin, jangan pakai pernak-pernik apa pun di kerudung karena ibu menyusui akan fokus ke anaknya, kalau pakai kerudungnya sudah sulit, nanti kita akan kesulitan sendiri dan nggak fokus ke anaknya,” saran wanita yang bekerja di salah satu perusahaan telekomunikasi itu.

Loading...
loading...