Waw…Ada ladang batu akik Lavender di Sukoharjo

batu akik lavender. (Merdeka.com)

Ladang batu akik lavender ditemukan di Sukoharjo, Jawa Tengah. Tepatnya berada di lereng Gunung Bapang yang tingkat kecuramannya tergolong ekstrem.

Karena itulah polisi bergegas menutup karena lokasi yang membahayakan keselamatan penambang. Selain membahayakan penambang, risiko longsor juga besar. Hal ini tentu mengancam keselamatan warga sekitar di Dukuh Ngemplak yang berlokasi di lereng Gunung Bapang, daerah Kedungsono, Bulu, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Kepala Polres Sukoharjo AKBP Andy Rifai menjelaskan, penutupan tersebut dilakukan setelah ada koordinasi dengan pemerintah daerah. “Kami sudah cek lokasi, dan berkoordinasi dengan pemkab bahwa medannya sangat berbahaya untuk keselamatan warga yang hendak naik. Agar mengantisipasi, kami pasang garis polisi,” kata dia saat dihubungi, Kamis 26 Maret 2015.

Loading...

Andy seperti diberitakan Kompas.com juga menambahkan, polisi meningkatkan pengawasan di lokasi tersebut untuk mengingatkan para penambang yang mulai berdatangan di wilayah tersebut.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang ada, dalam sepekan terakhir, sudah banyak penambang yang datang ke Gunung Bapang. Adapun ladang tersebut ditemukan kali pertama oleh warga yang sedang mencari pakan ternak. Sejak kabar penemuan ladang batu akik tersebut tersebar, banyak warga dari luar desa berdatangan untuk mencari batu lavender tersebut.

Loading...
loading...